Strategi Kepala Madrasah melalui Branding Sekolah dengan Program Riset di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo

Authors

  • Inezalda Sonia Azizah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Mukhlisah AM UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ni'matus Sholihah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.91-99

Keywords:

Branding Sekolah, Program Riset

Abstract

Persaingan antar madrasah semakin pesat karena dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang modern. Para orang tua semakin selektif memilih madrasah sebagai tempat untuk menuntut ilmu dan mengembangkan bakat anaknya. Kepuasan dan prestasi disebabkan oleh perilaku bawahan  yang dipengaruhi oleh perilaku atasan, karakteristik individu, dan faktor lingkungan. Dengan menciptakan program yang inovatif dan produktif menjadi salah satu ajang untuk mengembangkan bakat siswa dan memiliki kompetensi bersaing dalam ranah nasional maupun internasional. Hal ini akan berdampak positif bagi siswa agar memiliki kebiasaan sebagai problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi branding sekolah melalui program riset di MAN Sidoarjo dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dalam karya ilmiah ini yakni adanya sinergi antar waka madrasah, membuat tim pengembang akademik, keagamaan, literasi, non akademik, riset, dan pengembang IT. Program Riset menjadi salah satu program unggulan di MAN Sidoarjo karena dapat menciptakan siswa yang dapat bersaing hingga ranah internasional dan mendapatkan prestasi sehingga berdampak pada branding madrasah yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bogdan & Biklen. “Penelitian Kualitatif.” Journal Equilibrium, 2019.

Burhanuddin. “Analisis Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan.” Bumi Aksara, 1994.

Grassl, W. "Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity". In Journal of Consumer Marketing (Vol. 17, Issue 3, pp. 263–272). https://doi.org/10.1108/jcm.2000.17.3.263.3. 2000.

Husaini Usman. “Kepemimpinan Efektif.Pdf.” Sinar Grafika Offset, 2019.

Kemenag, R. "Petunjuk Teknis Pengelolaan Pembelajaran Riset di Madrasah". 2019.

Leo Agostino. "Dasar-dasar Kebijakan Publik.pdf". Alfabeta.2016.

Mujib, F., & Saptaningsih, T. "School Branding: Strategi di Era Disruptif" (p. 2). www.bumiaksara.com. 2021.

Prof.Dr.Sugiyono. “Metode Penelitian Kualitatif.Pdf,” 2017.

Riyono. “Strategi Branding Menuju Sekolah Bermutu : Studi Multisite Di SD Muhammadiyah 2 Tulangan Dan SD Muhammadiyah Bangil,” no. September (2018).

Sumar Tune Warni. “Strategi Pemimpin Dalam Penguatan Iklim Berbasis Kearifian Lokal,” 2018.

Sutarto wijono. Kepemimpinan Dalam Perspektif Organisasi. PRENADA MEDIA GROUP, 2018.

Wahidmurni. “Pemaparan Metode Penelitian.” Occupational Medicine, 2017.

“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

Downloads

Published

2022-02-21

How to Cite

Azizah, Inezalda Sonia, Mukhlisah AM, and Ni’matus Sholihah. “Strategi Kepala Madrasah Melalui Branding Sekolah Dengan Program Riset Di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo”. Jurnal Kependidikan Islam 12, no. 1 (February 21, 2022): 91–99. Accessed May 22, 2024. https://jurnalftk.uinsa.ac.id/index.php/JKPI/article/view/1700.

Issue

Section

Articles