Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa MI Miftahul Ulum

Authors

  • Inggrita Inggrita Ersa Ulum Imani UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH ACHMAD SIDDIQ
  • Muhammad Suwignyo Prayogo

Keywords:

Problem Based Learning, hasil belajar.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas V MI Mifahul Ulum. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi. Berdasarkan temuan dan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa, model pembelajaran Problem Based Learning ini sudah diterapkan di MI Miftahul Ulum dapat dikatakan berjalan dengan baik dan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang, untuk siswa laki-laki berjumlah 17 orang, dan siswa perempuan berjumlah 14 orang, tapi pelaksanaannya belum sempurna dikarenakan pada saat dilakukannya diskusi kelompok beberapa siswa tidak banyak memberikan pendapat atau ide dalam diskusi kelompok. Namun banyak siswa yang lebih aktif dibandingkan yang kurang aktif , dengan penerapan model seperti ini siswa kelas V di MI Miftahul Ulum bisa dikatakan hasil belajarnya meningkat , pada beberapa siswa yang masih belum dikatakan aktif dengan seiring berjalannya waktu akan mengejar siswa yang aktif dengan cara mengasah kemampuan siswa secara perlahan dan memberikan motivasi belajar. 

 

 

References

Sutirman. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Suami, D.A.K. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol 1 (3) pp. 206-214.

Aeni, A. 2015. Menjadi Guru SD Yang Memiliki Kompetensi Personal-Religius Melalui Program One Day One Juz (ODOJ). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212-223.

Fauziah, Delia Nurul. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning Untik Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA DI Sekolah Dasar. Hlm. 103-109.

Tombokan, Sarah S.N. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di SD. Hlm. 136-141

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Inggrita Ersa Ulum Imani, I., & Prayogo, M. S. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa MI Miftahul Ulum. Indonesian Journal of Science Learning (IJSL), 4(1), 20–29. Retrieved from https://jurnalftk.uinsa.ac.id/index.php/IJSL/article/view/2325

Issue

Section

Articles